LDR, LDL, PJJ

ldl-21 Kemarin, baca reviewnya Mbak Cantik --duh, saya ngefans banget  sama mbakyu satu ini-- tentang buku Long Distance Love (LBL) karya Imazahra.

Jadi kepincut pengen beli, tapi udah muter-muter toko buku belum ketemu juga. Sabar dulu deh, sudah dipesan kok. Semoga toko buku langganan saya secepatnya order ke Surabaya.

Cepetan datang yo mbak, lak tak batalin order e..

Kembali ke long distance relationship (LDR)-istilah lain pacaran jarak jauh dan LDL.

*udah tau ya? Haha! yang pasti bukan MDML*  Fokus thieeee..!!

Oke, jadi begini, menurut saya pelaku LDL (nunjuk diri sendiri, Phie, dan Bunda Menik) atau yang menjalani hubungan jarak jauh memerlukan dedikasi, butuh etos kerja cinta, dan saling percaya untuk sampai ke tujuan.

Bagaimana tidak, hubungan yang mengarungi dimensi jarak dan waktu tak terhingga bukan sesuatu yang gampang, kalau tidak mau dibilang sulit. Butuh DETOSPER: DEDIKASI, ETOS KERJA CINTA,  dan saling PERCAYA. (Singkatan yang memaksa).

Mari kita bedah DETOSPER!

Dedikasi. Cinta tanpa dedikasi dari dua insan pecinta, menurut saya akan rentan tergoda. Karena dedikasi melibatkan kesabaran (patience),  keuletan (persistence), kesetiaan (loyalty), dan kerja keras (hard-work). Silakan artikan dedikasi dalam kehidupan cinta sodara.

Dedikasi tanpa komunikasi juga sulit terwujud, karena hanya akan memunculkan rasa penasaran, bertanya-tanya, dan ujungnya adalah curiga. Kalau sudah curiga, bagaimana bisa percaya? Padahal yang terpenting dari LDR adalah saling percaya.

Kemudian komunikasi. Komunikasi yang mengganggu kehidupan masing-masing (pekerjaan atau produktivitas kedua pihak), lambat laun juga akan menimbulkan perasaan jenuh, merasa selalu diawasi, dan deretan ketidaknyamanan lainnya. Buat yang suka nelponin pacar setiap jam, jangan tersinggung ya! Cowok gak suka lho digituin, kayak gak percaya ajah!

Etos kerja cinta dalam pandangan saya menjadi penting. Kenapa? Karena ini berkaitan dengan motivasi menjalani hubungan, pandangan dasar atas hubungan cinta keduanya. Etos kerja cinta juga berkaitan dengan komitmen yang mendasari hubungan itu sendiri. Masih bingung? Tanyakan pada pacar sodara!

Terakhir, saling percaya. Apapun bentuk hubungannya, mau yang tetanggaan, mau yang satu kantor, mau yang terpisah oleh pulau dan benua, kalau tidak saling percaya ya susyaaaahhhh. Jadi, sodara percaya kaaaan??

Buat para pelaku LDR, selamat mengarungi bahtera cinta dengan DETOSPER, Insya ALLAH akan mengantarkan sodara sampai tujuan dengan selamat. Insya ALLAH.

*Udah dulu yah, posting bersambung neh, butuh banyak postingan*

3 comments:

  1. mantan korban LDR yang gagal:^V

    ReplyDelete
  2. bikin blog lagi?

    enakan LDR, bisa selingkuh kanan kiri.. hahahaha...

    aq LDR trus ih.. ama yg jd suami ini juga LDR

    pesen buku di Genius?
    mending beli online mbak..

    ReplyDelete
  3. wuih... ternyata ini membahas pendidikan cinta ya :mrgreen:

    ReplyDelete

 
Cerita Kita Blog Design by Ipietoon